Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MIN Bernah kotabumi
Mata Pelajaran : IPA
Tema : Makhluk hidup
Subtema : Hewan
Kelas : IV
Semester : 1 (Ganjil)
A.
Materi Pokok
Menggolongkan Hewan
B.
Alokasi Waktu
2 x 35 menit
C.
Kompetensi Dasar
3.2
Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
D.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menunjukkan perbedaan antara hewan herbivore, karnivora, dan
omnivora.
2. Menggolongkan hewan berdasarkan
jenis makanannya dengan tepat.
3. Memilah- milah hewan sesuai dengan
jenis makanannya.
E.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan
pengertian hewan herbivora, karnivora dan omnivora
2. Menunjukkan perbedaan antara hewan herbivora, karnivora, dan omnivora
3.
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makananya.
4.
Memilah-milah hewan sesuai dengan jenis makanannya.
F.
Materi Pembelajaran
1.
Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora,contohnya sapi,kambing,domba
dll.
2.
Hewan pemakan daging disebut karnivora,contohnya harimau,serigala,buaya
dll.
3.
Hewan pemakan tumbuhan dan daging disebut omnivora
contohnya ayam bebek
4.
Tikus dll.
G.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Kerja Kelompok
4.
Diskusi
5.
Demonstrasi
6.
Permainan menyusun kartu gambar
H.
Media Pembelajaran
1.
Gambar/ kartu binatang
2.
Karton
I.
Sumber Belajar
1.
Buku IPA kelas IV penerbit PT Tiga Serangkai.
2.
Buku IPA kelas IV Penerbit Erlangga.
J.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 20 menit)
a.
Membuka pembelajaran dengan salam.
b.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
c.
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan
d.
pembelajaran.
e.
Mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah
dipelajari dan terkait dengan
f.
materi yang akan
dipelajari.
g.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
h.
Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan
tentang kegiatan yang
i.
akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan tugas.
2. Kegiatan Inti (40 menit)
a. Mengamati
1)
Mengamati gambar hewan.
2)
Menyimak penjelasan materi secara klasikal.
b.
Menanya
1)
Melalui motivasi, guru mengajukan pertanyaan tentang
materi menggolongkan hewan berdasarkan
jenis makanannya.
2)
Mengajukan pertanyaan terkait dengan materi pelajaran
yang akan disampaikan.
c.
Eksperimen/ Explore
1)
Secara berkelompok peserta didik dapat menggolongkan
hewan berdasarkan Jenis
makanannya.
2)
Peserta didik dapat memilah-milah hewan tersebut sesuai
dengan jenis makanannya.
d.
Asosiasi
Peserta didik dapat memasangkan gambar hewan berdasarkan
jenis makanannya dengan tepat.
e. Komunikasi
1)
Menyampaikan hasil pekerjaan kelompok.
2)
Menanggapi hasil presentasi.
3)
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
3.
Penutup (10 menit)
a.
Melakukan refleksi terhadap kegiatan.
b.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas secara individu bagi
c.
Peserta didik.
d.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
e.
Mengapresiasi
siswa dengan mengatakan “ ..yes..we..can.
K.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajarandilakukan
oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa.Hasil penilaian digunakan
sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran.
Tugas
-
Mengisi tabel, kelompok hewan berdasarkan jenis makanannya.
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan
kerja kelompok dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
Kecocokan gambar dengan tabel yang disediakan.
-
Sikap yang
ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan Jalannya diskusi dan kerja kelompok.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Aktifitas berpendapat
4. Keberanian berpendapat
5. Kemampuan berbahasa
Skor penilaian :
Skor
perolehan
Nilai = x 100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : Baik
Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
Tes
·
Tes
dalam bentuk lisan dan tertulis.
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam
kegiatan kerja kelompok.
Rubrik
Penilaian
No
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 = Baik
2 =
Sedang 1 = Kurang baik
Rentang Skor = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 - 4
= 12/4
= 3
MK = 14 - 16
MB =
11 - 13
MT = 7 - 10
BT = 4 -
6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku
yang
dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal
perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan berbagai tanda
perilaku
yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus
memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan
dalam indikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Mengetahui,
Kepala MIN Bernah
UNTORO, M.Pd.I
NIP. 197412161997031003
|
Kotabumi, November 2014
Guru
kelas IV
ITAWATI, S.Pd
NIP. 197607252000032001
|
0 komentar:
Posting Komentar